You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bendungan
Kalurahan Bendungan

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Pemerintah Kalurahan Bendungan

Bimbingan Teknis Pelatihan Pembuatan Pendok Keris

Administrator 15 September 2024 Dibaca 15 Kali
Bimbingan Teknis Pelatihan Pembuatan Pendok Keris

Warisan Budaya merupakan sesuatu yang telah diberikan oleh leluhur tentang kebudayaan baik kebudayaan lokal maupun non lokal, kebudayaan merupakan sebuah nilai keistimewaan yang telah di wariskan oleh nenek moyang kepada generasi selanjutnya, pada kesempatan ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menggelar kegiatan " Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Kerajinan Pande Besi". Kali ini acara difokuskan pada pembuatan Pendok keris dengan memanfaatkan bahan logam dan kaleng yang dilaksanakan di Sentra Kaleng Kuncen Kalurahan Bendungan Kapanewon Wates.

Acara pembukaan yang berlangsung serius tapi cukup santai ini dihadiri oleh perajin besi dari anggota Sentra. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Bapak Ir. Sudarna, M.M.A. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya, khususnya keris, sebagai simbol kekayaan budaya yang tak ternilai. Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Bimtek tersebut yaitu Lurah Bendungan Mujiyo, S.E, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bendungan, Dukuh kuncen Krisbiyanto, Komunitas Paguyuban Pecinta Keris KP Runcing Wangi serta peserta pelatihan khususnya warga Padukuhan Kuncen Kalurahan Bendungan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, dalam pengembangan kerajinan dari bahan logam dan pengrajin Kaleng serta para pengrajin dalam membuat keris dan warongko, di samping itu juga untuk memperkenalkan teknik-teknik terbaru dalam pengolahan Logam dan Kaleng. Diharapkan melalui bimbingan teknis ini, para pengrajin dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memiliki nilai seni dan budaya tinggi.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari (dimulai tanggal 10 September 2024 s.d. 13 September 2024) dengan berbagai sesi pelatihan praktis dan teori yang melibatkan para ahli di bidang kerajinan logam dan lainnya. Para peserta akan diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung pembuatan Pendok Keris dengan bimbingan dari para instruktur berpengalaman yaitu Bapak Teja Tukirno ( Besalen Gubug Dhuwung ), Bapak Sarjiman yang merupakan praktisi/ perajin keris yang cukup senior/ berpengalaman.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kerajinan Logam/Kaleng khususnya di Padukuhan Kuncen Kalurahan Bendungan Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dapat terus berkembang dan dikenal luas, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional dan internasional.

Selain memperkenalkan produk lokal dan warisan budaya berupa Keris di Kalurahan Bendungan juga di harapkan dapat meningkatkan SDM dan Ekonomi Kreatif di wilayah Kalurahan Bendungan.*Red*

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image