You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Bendungan
Kalurahan Bendungan

Kap. Wates, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Pemerintah Kalurahan Bendungan

Lomba Satkamling Tingkat Polres Kulon Progo di Padukuhan Kuncen

Administrator 08 Juni 2024 Dibaca 102 Kali
Lomba Satkamling Tingkat Polres Kulon Progo di Padukuhan Kuncen

Satu-satunya di wilayah kapanewon Wates yang menjadi perwakilan dari lomba Satkamling Polres Kulon Progo telah dilaksanakan kunjungan dan serta penilaian oleh tim Polres pada hari Jumat 7 Juni 2024 bertempat di Padukuhan Kuncen Bendungan Wates. Hadir dalam acara ini Kapolres Kulon Progo yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Kulon Progo Akp Dina Martani, S.H., M. M Kapolsek Wates AKBP Sudarsono, S.H beserta Jajaran , Panewu Wates Setiawan Tri Widada, S.Sos beserta jajaran, Lurah Bendungan Mujiyo, S.E, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pamong hingga warga sekitar. 

Kegiatan Siskamling di Padukuhan Kuncen dibagi menjadi 4 Pos. Setiap Pos ada Regu jaganya dalam setiap malam. Di setiap Regu dikoordinir oleh Ketua Regu. Di setiap Pos ada Penanggung Jawab Pos dan secara umum diampu atau dikordinatori oleh Jaga Warga Padukuhan Kuncen. Pada setiap malam jaga di masing-masing pos selalu membunyikan Kentongan Doro muluk kondisi aman dengan jeda waktu yang tidak ditentukan/menyesuaikan, dan membunyikan kentongan sesekali sebagai tanda Waktu / menunjukkan jam. Setiap berkala regu jaga mengadakan patroli keliling untuk mengamati dan menganalisa kondisi wilayah. Antar Pos saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan menggunakan HT maupun kode bunyi kentongan, apabila ada Kejadian Luar biasa yang perlu diselesaikan seketika di masing-masing Regu berkumpul menjadi satu untuk konsolidasi dan menentukan tindakan selanjutnya. 

Wilayah Patroli Pos I seluruh wilayah Rt 05/03, Wilayah Patroli Pos II seluruh wilayah Rt 06/03 dan sebagian wilayah Rt 07/03, Wilayah Patroli Pos III sebagian wilayah Rt 07/03 dan sebagian wilayah Rt 08/04, Sedangkan wilayah Patroli IV sebagian wilayah Rt 08/04 dan seluruh wilayah Rt 09/04. Selanjutnya di Wilayah Padukuhan Kuncen juga Mempunyai 5 Orang Anggota Linmas Kalurahan yang setiap saat juga bersiaga untuk berperan aktif membantu kegiatan.

Khusus untuk musim penghujan karena wilayah padukuhan Kuncen membentang Kali Serang yang rawan tanggul jebol maka setiap berkala juga diadakan patroli untuk mengecek debit air kali. Selain itu juga memasang kentongan di Tanggul Kali Serang sebagai alarm tanda bahaya ketika pengecekan debit air menunjukan bahaya atau rawan bencana banjir.

Selain menjaga keamanan lingkungan dan mitigasi kebencanaan Siskamling Jaga Warga Padukuhan Kuncen juga selalu mengamati kondisifitas warga masyarakat Padukuhan Kuncen yang warga masyarakatnya beraneka ragam dan majemuk, dalam hal Idiologi, Politik, Sosial, Budaya, Ekonomi, Pertahanan, Keamanan, yang bekerja sama dengan element terkait agar tercipta suasana Padukuhan Kuncen yang Aman, Nyaman Tentram, “Ayom Ayem Tentrem Kerta Raharja” Warga Masyarakat Padukuhan Kuncen yang Nasionalis, Religius Berbudaya sesuai cita-cita luhur Bangsa.

(Doc.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image