Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Pemerintah Kalurahan Bendungan

Artikel

Lomba Satkamling Tingkat Polres Kulon Progo di Padukuhan Kuncen

08 Juni 2024 19:16:17  Administrator  51 Kali Dibaca  Berita Desa

Satu-satunya di wilayah kapanewon Wates yang menjadi perwakilan dari lomba Satkamling Polres Kulon Progo telah dilaksanakan kunjungan dan serta penilaian oleh tim Polres pada hari Jumat 7 Juni 2024 bertempat di Padukuhan Kuncen Bendungan Wates. Hadir dalam acara ini Kapolres Kulon Progo yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Kulon Progo Akp Dina Martani, S.H., M. M Kapolsek Wates AKBP Sudarsono, S.H beserta Jajaran , Panewu Wates Setiawan Tri Widada, S.Sos beserta jajaran, Lurah Bendungan Mujiyo, S.E, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pamong hingga warga sekitar. 

Kegiatan Siskamling di Padukuhan Kuncen dibagi menjadi 4 Pos. Setiap Pos ada Regu jaganya dalam setiap malam. Di setiap Regu dikoordinir oleh Ketua Regu. Di setiap Pos ada Penanggung Jawab Pos dan secara umum diampu atau dikordinatori oleh Jaga Warga Padukuhan Kuncen. Pada setiap malam jaga di masing-masing pos selalu membunyikan Kentongan Doro muluk kondisi aman dengan jeda waktu yang tidak ditentukan/menyesuaikan, dan membunyikan kentongan sesekali sebagai tanda Waktu / menunjukkan jam. Setiap berkala regu jaga mengadakan patroli keliling untuk mengamati dan menganalisa kondisi wilayah. Antar Pos saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan menggunakan HT maupun kode bunyi kentongan, apabila ada Kejadian Luar biasa yang perlu diselesaikan seketika di masing-masing Regu berkumpul menjadi satu untuk konsolidasi dan menentukan tindakan selanjutnya. 

Wilayah Patroli Pos I seluruh wilayah Rt 05/03, Wilayah Patroli Pos II seluruh wilayah Rt 06/03 dan sebagian wilayah Rt 07/03, Wilayah Patroli Pos III sebagian wilayah Rt 07/03 dan sebagian wilayah Rt 08/04, Sedangkan wilayah Patroli IV sebagian wilayah Rt 08/04 dan seluruh wilayah Rt 09/04. Selanjutnya di Wilayah Padukuhan Kuncen juga Mempunyai 5 Orang Anggota Linmas Kalurahan yang setiap saat juga bersiaga untuk berperan aktif membantu kegiatan.

Khusus untuk musim penghujan karena wilayah padukuhan Kuncen membentang Kali Serang yang rawan tanggul jebol maka setiap berkala juga diadakan patroli untuk mengecek debit air kali. Selain itu juga memasang kentongan di Tanggul Kali Serang sebagai alarm tanda bahaya ketika pengecekan debit air menunjukan bahaya atau rawan bencana banjir.

Selain menjaga keamanan lingkungan dan mitigasi kebencanaan Siskamling Jaga Warga Padukuhan Kuncen juga selalu mengamati kondisifitas warga masyarakat Padukuhan Kuncen yang warga masyarakatnya beraneka ragam dan majemuk, dalam hal Idiologi, Politik, Sosial, Budaya, Ekonomi, Pertahanan, Keamanan, yang bekerja sama dengan element terkait agar tercipta suasana Padukuhan Kuncen yang Aman, Nyaman Tentram, “Ayom Ayem Tentrem Kerta Raharja” Warga Masyarakat Padukuhan Kuncen yang Nasionalis, Religius Berbudaya sesuai cita-cita luhur Bangsa.

(Doc.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Jln. Kh. Wakhid Hasyim Nomor 98 Bendungan Wates Kulon Progo
Kalurahan : Bendungan
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 02742890955
Email : pemerintahdesabendungan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:90
    Kemarin:211
    Total Pengunjung:113.396
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.170.244
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID